Bedhol Bhawikarsu


TIMESINDONESIA, MALANG – Ada yang berbeda di Desa Jambuwer, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang, Jatim, sejak 24 Oktober kemarin. Ratusan generasi milenial dari SMAN 3 Malangyang sedang melaksanakan kegiatan Bedhol Bhawikarsu 2018 tampak memenuhi desa itu.


Jumlahnya mencapai ratusan anak. Mereka berbaur dengan warga desa dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Mulai dari ke sawah, ibadah dan aktivitas di pedesaan lainnya.

Para siswa pun tampak senang dan gembira menikmati aktivitas mereka. "Kegiatan Bedhol Bhawikarsu 2018 ini merupakan program OSIS SMAN 3 Malang. Setiap tahun selalu digelar sebagai agenda dan program kerja OSIS. Pesertanya seluruh siswa. Tahun ini dilaksanakan pada 24-26 Oktober," ujar Fachruddin Yusuf, ketua OSIS SMAN 3 Malang.

Bedhol-Bhawikarsu-2.jpg

Dalam aktivitas Bedhol Bhawikarsu ini para siswa menginap di rumah-rumah penduduk desa. Pemilik rumah menjadi inang pengasuh para siswa. Setiap rumah bisa diisi beberapa siswa. 

Mereka pun melaksanakan aktivitas harian bersama bapak dan ibu asuhnya. Bahkan makan pun mereka bersama-sama disediakan bapak dan ibu asuh.

Para siswa pun tampak menikmati Bedhol Bhawikarsu ini. "Senang sekali pokoknya. Saya jadi merasakan kehidupan desa yang nyaman dan tenang. Dengan begini saya bisa merasakan menjadi petani, pedagang atau yang lainnya langsung dari bapak asuh," ujar Theo Aulia, siswa kelas XI. 

Hal senada juga dirasakan teman-teman Theo lainnya. "Ini pembelajaran langsung ke sumbernya. Sekaligus bisa praktik. Belajar alamiah," celetuk Fajar, siswa kelaa XI lainnya.

Kegiatan ini pun mendapat support penuh dari para walisiswa. "Apa yang dilakukan SMAN 3 Malang ini merupakan pembelajaran kontekstual yang sangat bagus untuk siswa. Dengan begitu anak-anak bisa mengalami sendiri apa yang dipelajarinya. Bedhol Bhawikarsu ini merupakan contextual learning yang nyata. Semoga kegiatan seperti ini sering-sering dilakukan dan bisa ditiru sekolah lain di Malang," ujar Husnul Khotimah, salah satu wali siswa. (*)